Sunday, March 17, 2013

PERSIAPAN SEBELUM MEMBUAT JUS


Persiapan Nge-Jus

Membuat apapun perlu persiapan agar mendapatkan hasil seperti yang diinginkan, apalagi NGE JUS karena terkait dengan masalah kesehatan tubuh. Jangan sampai ingin sehat malah mendapatkan kebalikannya, karena hal yang sering dianggap sepele yaitu .......persiapan.

1. MEMILIH BUAH & SAYURAN :
a) Pilih yang segar, fresh, baru, karena akan mendapatkan jus yang mengandung nutrisi dan rasa prima.
b) Pilih sesuai kebutuhan, yaitu apakah dalam kondisi sudah matang (tua) atau mentah (muda).
c) Saat musim panen buah yang melimpah, biasanya harga menjadi murah, dapat menjadi peluang untuk mendapat yang terbaik dalam jumlah lebih banyak.

2. MENCUCI BUAH & SAYURAN :
a) Tujuan mencuci adalah untuk menghilangkan kotoran, bakteri dan zat pestisida yang menempel.
b) Cuci buah/sayur sebelum dipotong/dikupas
c) Cuci dengan menggunakan air mengalir karena akan menghanyutkan kotoran, bakteri & zat pestisida.
d) Dapat digunakan cairan pembersih khusus buah/sayuran, bila diperlukan.
e) Pakai sikat untuk menghilangkan sisa tanah yang menempel pada sayuran berupa umbi2an / akar2an seperti wortel, lobak atau bit.

3. MENYIMPAN BUAH & SAYURAN :
a) Bila belum digunakan, sebaiknya disimpan di lemari pendingin dengan suhu rendah untuk menjaga tetap segar dan kandungan gizi tetap baik.
b) Kalau sudah dikupas/dipotong, masukkan kedalam box plastik terlebih dahulu sebelum disimpan di lemari pendingin, agar tidak bersinggungan dengan bahan makanan lain dan menghindari perubahan warna (menjadi kehitaman).
c) Buah pisang sebaiknya dibekukan dahulu sebelum diproses (blender), agar mendapat hasil yang lebih lembut dan segar.

4. MENGUPAS/MEMOTONG BUAH & SAYURAN :
a) Mengupas & memotong, sebaiknya dilakukan sesaat sebelum diproses menjadi jus, untuk memperoleh khasiat yang terbaik dari jus.
b) Sebelum di jus ada beberapa buah & sayuran yang perlu dikupas kulitnya, seperti bengkuang, nanas, kiwi, sirsak. Namun ada yang tidak perlu karena kandungan nutrisi penting ada pada kulitnya, seperti apel, anggur, pir, wortel.
c) Untuk menghindari rasa tidak nyaman seperti rasa pahit, buang semua biji buah, misal pada buah apel, belimbing.

5. PERALATAN NGE JUS :
a) Pisau untuk proses kupas dan potong
b) Blender : Akan menghasilkan jus yang masih memiliki serat makanan yang diperlukan tubuh, walaupun ada beberapa kandungan vitamin, nutrisi dan mineral lain akan mengalami ekstraksi saat proses penghalusan yang memerlukan tambahan air.
c) Juicer : Akan menghasilkan jus yang mengandung nutrisi lebih tinggi dibandingkan hasil dari blender, namun memiliki serat rendah.

No comments:

Post a Comment