Sunday, March 17, 2013

JUS UNTUK MENCEGAH KANKER


JUS CEGAH KANKER

KANKER (CANCER)......pertama kali saya dengar thn 1965 ketika ayah teman saya (adik kelas waktu SMP) wafat karena kanker. Kemudian sampai thn 80'an jarang saya dengar penyakit ini disebut-sebut. Namun sekarang....jauh berbeda....kanker di samping penyakit jantung dan diabetes adalah penyakit yang masuk ranking atas sebagai penyakit yang sulit disembuhkan dan termasuk kategorii pembunuh manusia no 1. Dan hal itu merupakan salah satu alasan bagi Pak Harto & Bu Tien untuk mendirikan RS Kanker Dharmais yang ada di daerah Slipi Jakarta.
Kanker berkaitan erat dengan pola hidup dan makanan yang dikonsumsi dimana hal ini ada hubungan pula dengan tingkat kesejahteraan (pendapatan) seseorang. Semakin meningkat pendapatan, semakin tinggi pula konsumsi makanan berlemak dan minuman beralkohol. Kanker usus besar (colon & rectum), kanker payudara (breast), kanker prostat diduga akibat konsumsi makanan berlemak terlalu banyak. Di samping itu oksidasi lemak di tubuh manusia juga menghasilkan banyak radikal bebas yang memicu kanker.
Sering mengkonsumsi ikan & daging yang diawetkan dengan garam dan asap menyebabkan kanker saluran pencernaan. Makanan yg mengandung kadar garam tinggi akan menimbulkan zat karsinogen yang meningkatkan risiko terkena kanker saluran pencernaan. Kemudian cara mengolah makanan tidak tepat akan menimbulkan zat karsinogen pula. Pemanasan bahan makanan dengan suhu terlalu tinggi dan lama menyebabkan timbulnya zat berbahaya, serta cara menggoreng berlebihan atau penggunaan minyak goreng berulang kali juga dapat menimbulkan radikal bebas yang menjadi penyebab timbulnya kanker.
Zat karsinogen adalah salah satu zat berbahaya yang merusak sel dan inti sel di tubuh manusia sehingga membuat sel tersebut menjadi abnormal dan ganas. Sel2 ganas tsb membelah dan berkembang secara cepat dan tidak terkendali membentuk jaringan kanker. Itulah sebabnya penyakit kanker umumnya tidak pernah diketahui sejak dini, melainkan sudah masuk pada stadium 3.
Bahan makanan berupa buah & sayuran yang mengandung anti karsinogen adalah yang mengandung banyak vit. A, vit. C, vit. E, asam folat, serta mineral seperti kalsium, selenium, magnesium, zinc.
Untuk cegah kanker, buah & sayuran yang disarankan adalah brokoli, wortel, tomat, labu kuning, sawi, kapri, jagung, kol, kembang kol, bayam, bawang merah, bawang putih, paprika, bit, selada, asparagus, buncis, kacang polong, kacang panjang, papaya, mangga, jeruk, jambu biji, semangka, melon, apel, belimbing, anggur, buah delima, stroberi, plum, peach, nanas, rambutan, kesemek.

JUS CEGAH KANKER (JCK 1)

Bahan2 : (a) 250 gr nanas kupas & potong, (b) 250 gr buah delima, (c) 1 sdm air jeruk lemon, (d) 3 buah/kubus es batu
Cara Membuat : (a) Proses delima dan nanas menggunakan juice extractor & pisahkan sarinya, (b) Masukkan sari delima dan nanas ke dalam blender, (c) Tambahkan air jeruk lemon & potongan es batu, (d) Proses hingga lembut, (e) Sajikan dan segera diminum.

JUS CEGAH KANKER (JCK 2)

Bahan2 : (a) 150 gr labu kuning kukus atau rebus, (b) 100 gr nanas kupas & potong, (c) 100 gr bengkuang kupas & potong, (d) 1 sdm air jeruk lemon, (e) 3 buah/kubus es batu
Cara Membuat : (a) Proses potongan nanas & bengkuang menggunakan juice extractor & pisahkan sarinya, (b) Masukkan sari nanas dan bengkuang ke dalam blender, (c) Masukkan labu kuning kukus/rebus ke blender, (d) Masukkan air jeruk lemon & potongan es batu ke blender, (e) Proses hingga lembut, (f) Sajikan dan segera diminum.

No comments:

Post a Comment