Sunday, March 17, 2013

JUS UNTUK IBU HAMIL DAN MENYUSUI


JUS MASA HAMIL & MENYUSUI

Satu hal yang membahagiakan adalah melihat mahasiswi yang dulu mengikuti kuliah saya, pada saat ini sudah berkeluarga, bahkan kebanyakan sedang hamil serta ada pula yang sedang menyusui bayi mereka. Dari sisi usia, memang ini adalah saat yang terbaik bagi mereka. Apalagi menikah, berkeluarga adalah sunnah dan merupakan separo dari agama. Kepada para wanita atau istri, melalui pernikahan Allah SWT memberi amanah berupa suami dan anak2.....begitu juga para pria atau suami, melalui pernikahan itu Allah SWT memberi amanah berupa istri dan anak2.
Tentang perkawinan serta anak keturunan, Rasulullah SAW bersabda : "Kawinlah dengan wanita yang mencintaimu dan yang mampu beranak. Sesungguhnya aku akan membanggakan kamu sebagai umat yang terbanyak". (HR. Abu Dawud). Bukan hanya "banyak" dlm jumlah tetapi juga berkwalitas, seperti yang dituturkan Beliau dalam hadits2 lain. Bagaimana upaya kita agar umat atau anak2 yang dilahirkan memiliki kwalitas unggul? Islam mengajarkan bahwa insan kwalitas unggul itu diupayakan sejak kedua orang tua belum menikah, yaitu ketika seorang wanita akan dinikahi hendaklah diperhatikan faktor2: harta kekayaan, kedudukan, kecantikan dan agamanya. Hendaknya pilihlah yang beragama agar berkah. (Lihat HR. Muslim)
Agama adalah faktor ruhaniah yang penting dalam membangun rumah tangga yang sakinah mawahdah warohmah. Faktor jasmaniah juga menjadi perhatian dalam urusan pernikahan, dimana pihak pria yang melamar diperbolehkan melihat bagian2 wajah, betis dan tangan calon istrinya untuk melihat apakah calon istri itu tidak cacat. (Lihat HR. Ahmad). Faedah utamanya adalah agar suami senang menggauli istrinya sehingga diperoleh keturunan yang banyak.
Dalam masa hamil (dan masa menyusui) seorang wanita memerlukan makanan ekstra baik kwantitas maupun kwalitas, karena ada makhluk kecil yang juga memerlukan asupan makan/minum dari dirinya. Zat gizi yang dibutuhkan pada masa ini a.l. seperti protein, karbohidrat, asam lemak esensial, kalsium, asam folat, zinc vit B12, vit B6 dan vit D. Buah atau sayuran yang dapat digunakan adalah kedelai dan makanan dari kedelai spt susu, tahu, tempe. kacang2an (kacang hijau & kacang merah), susu sapi, biji wijen, sayuran hijau, semangka, peach, grapefruit, melon, bit, kol, kismis, kailan, lobak, wortel dan oat.

JUS MASA HAMIL & MENYUSUI (JMHM 1)

Bahan2 : (a) 200 ml susu kedelai, (b) 2 sdm oat, (c) 2 sdm madu
Cara Membuat : (a) Masukkan semua bahan ke blender, (b) Proses hingga lembut, (c) Sajikan.

JUS MASA HAMIL & MENYUSUI (JMHM 2)

Bahan2 : (a) 100 gr tahu sutra, (b) 4 buah prune tanpa biji, (c) 100 ml jus apel, (d) Es batu secukupnya.
Cara Membuat : (a) Masukkan semua bahan ke blender, (b) Proses hingga lembut, (c) Sajikan.

JUS MASA HAMIL & MENYUSUI (JMHM 3)

Bahan2 : (a) 200 gr potongan daging buah semangka, (b) 100 ml jus bit, (c) 1 sdm air lemon, (d) 1 sdt wijen hitam (sangrai sebentar).
Cara Membuat : (a) Masukkan semua bahan ke blender (kecuali wijen), (b) Proses hingga lembut, (c) Sajikan dengan taburan wijen sangrai.

No comments:

Post a Comment