Sunday, March 17, 2013

CARA DIET ENAK DAN MENYENANGKAN DENGAN JUS


Diet Dengan Jus

Tubuh yang langsing dan ideal merupakan dambaan siapa pun. Tak hanya wanita, bahkan pria juga selalu memimpikan untuk memiliki tubuh yang sempurna. Tak ayal, untuk memenuhi keinginan yang satu ini, berbagai usaha pun dilakukan.

Di antara sekian banyak cara yang bisa menurunkan berat badan, tersebutlah metode konsumsi jus. Metode ini konon bisa berhasil menurunkan berat badan.

Prinsip metodenya sebenarnya sederhana, yaitu berdasarkan pada kemampuan tubuh yang mampu menahan makan hingga beberapa hari lamanya tetapi tidak bisa menahan minuman hanya dalam waktu beberapa hari saja. Tubuh kita lebih banyak membutuhkan cairan daripada makanan.

Benarkah cara menurunkan berat badan yang satu ini efektif? Jus apakah yang biasanya dikonsumsi dalam metode ini? Penjelasan berikut akan menjawab pertanyaan Anda.

Menurunkan Berat Badan dengan Cairan

Cairan bisa digunakan dalam menurunkan berat badan. Hal ini berprinsip pada kalori cairan/ minuman yang lebih sedikit daripada makanan. Akan tetapi, meskipun cara melangsingkan ini mudah dilakukan, Anda harus mendapat bimbingan dari pihak medis dalam melakukannya. Karena bukan tidak mungkin cara melangsingkan badan ini justru bisa membahayakan Anda.

Menurunkan berat badan dengan jus tidaklah semudah kedengarannya. Pada praktiknya, menurunkan berat badan dengan cara ini tidaklah total hanya mengkonsumsi jus saja. Anda tetap harus mengkonsumsi makanan padat sebagai upaya pemenuhan kebutuhan nutrisi harian Anda.Tetapi tentu, semuanya harus dalam pengawasan ahli gizi atau pihak medis.

Rencana Menurunkan Berat Badan Menggunakan Jus

Pembuatan rencana menurunkan berat badan yang menggunakan jus harus dipikirkan secara matang. Tak hanya itu, bimbingan dan pengawasan ahli nutrisi dan ahli medis mutlak diperlukan. Itu sebabnya, metode orang yang satu dengan orang yang lain akan berbeda-beda tergantung kepada kondisi fisik, umur, sejarah penyakit, dan juga kemampuannya.

Jus Penurun Berat Badan

Jika Anda belum bisa melakukan menurunkan badan dengan bimbingan dari ahli nutrisi dan ahli medis, jus-jus berikut ini relatif aman untuk dikonsumsi dalam program penurunan berat badan. Akan tetapi meskipun demikian, jumlah konsumsinya harus dibatasi dan jangan berlebih.

Cukup saat sarapan pagi, saat makan siang, dan saat makan malam. Ingat! Saat makan siang, Anda tetap harus mengonsumsi makanan lengkap karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

* Jus sayur-sayuran.

Meminum jus sayur-sayuran adalah cara yang paling aman dalam melakukan penurunan berat badan dengan metode jus. Hal ini karena jus sayur-sayuran kaya akan nutrisi yang diperlukan tubuh.

Tak hanya itu, serat selulosa yang dikandung sayuran baik bagi pencernaan dan juga mampu menahan lapar dalam waktu yang relatif lama. Belum lagi kandungan zat baiknya (antioksidan) yang multimanfaat dan jumlah kalori sayuran yang lebih sedikit daripada jus buah-buahan.

* Jus buah-buahan

Seperti halnya jus sayuran, jus buah-buahan juga tidak kalah baik bagi tubuh. Nutrisinya, antioksidannya, dan seratnya akan bermanfaat banyak bagi pencernaan dan metabolisme tubuh secara keseluruhan. Akan tetapi meski diperhatikan juga jenis buahnya.

Hindari buah yang terlalu banyak zat gula dan juga jus buah instan apalagi koktail. Hal ini karena kalori dan zat aditif yang terkandung di dalamnya bisa merusak tubuh dan merusak rencana penurunan berat badan Anda.

Aturan Lain yang Harus Diperhatikan

Dalam melakukan penurunan berat badan yang menggunakan metode jus, ada banyak hal yang harus diperhatikan agar program berjalan lancar dengan tubuh tetap fit dan sehat.

* Tetap harus minum air putih minimal 8 gelas sehari.

* Makan makanan padat yang benar-benar diinginkan ketika perut mulai merasa lapar sampai netral (tidak lapar tetapi juga tidak kekenyangan).

* Jangan mengurangi takaran yang sudah seharusnya.

* Kurangi minum kopi karena bisa berpengaruh kepada fungsi insulin yang bisa menghalangi proses yang sedang berlangsing dalam pelangsingan tubuh.

* Jangan ngemil di antara jam makan (cukup hanya sarapan, makan siang, dan makan malam).

* Hindari makanan yang digoreng.

* Jangan makan makanan penutup, roti, sayuran putih ataupun ubi jalar. Hal ini karena makanan tersebut mempunyai jumlah kalori yang besar.

* Masukkan selalu dalam menu makan utama (makan siang) daging, dan sayur.

* Lakukan program selama 12 hari, kemudian berhenti selama 2 hari baru lakukan pengulangan lagi.

Contoh Program Penurunan Berat Badan dengan Metode Jus

* Makan pagi (sarapan): segelas jus sayur/ buah (tanpa pemanis) + 1 telur + 2 potong sedang daging putih.

* Makan siang: segelas jus sayur/ buah (tanpa pemanis) + salad + daging secukupnya (secukupnya dalam artian sampai tubuh merasa netral/ tidak lapar lagi).

* Makan malam : segelas jus sayur/buah (tanpa pemanis) + salad/ sayur merah/ sayur hijau yang dimasak (bebas) + 2 potong daging/ ikan berukuran sedang + 1 cangkir teh hijau/ hitam.

* Jika saat tidur terasa lapar, minum segelas jus tomat tanpa pemanis.

No comments:

Post a Comment